5 Fungsi Kamera Smartphone Android Yang Tersembunyi

Fungsi Smartphone yang tersembunyi - selain berfungsi sebagai alat untuk mengabadikan momen, kamera smartphone khususnya pada Android ternyata memiliki banyak fungsi lain yang jauh bermanfaat. Hanya saja tak banyak orang yang mengetahuinya sehingga kamera hanya digunakan sebatas untuk foto narsis atau foto selfie saja. Padahal, sebuah smartphone memiliki fungsionalitas yang lebih banyak dan pintar. Artinya jika selama ini Anda hanya memanfaatkan kamera Android sekedar untuk berfoto foto selfie saja, itu artinya ponsel Android Anda masih difungskan sebagai Fitur Phone. Jika kita mau mempelajari dan berkeksplorasi dengan beragam aplikasi, kita bisa mengombinasikan kamera sehingga jauh lebih bermanfaat. Berikut ini 5 fungsi kamera android tersembunyi yang dilansir dari The Verge :

Menerjemahkan bahasa (translater)


Kamera Android ternyata dapat berfungsi sebagai alat translater visual. Caranya, cukup dengan menginstall aplikasi Google Translate/Word Lens lalu untuk menerjemahkan sebuah gambar/visual pilih ikon kamera di aplikasi tersebut. Arahkan kamera smartphone pada tulisan visual yang ingin diterjemahkan. Maka secara otomatis aplikasi akan menerjemahkan kata tersebut sesuai dengan bahasa yang kita inginkan.

Menemukan venue (lokasi) menarik


Fungsi menarik kamera android yang kedua adalah dapat menemukan tempat tempat yang menarik. Caranya, kita harus menginstal aplikasi bernama Yelp yaitu sebuah aplikasi penanda lokasi. Jika kita sedang berjalan jalan, kita ambil gambar sebuah tempat makan/lokasi lainnya akan terlihat review tentang tempat tersebut.Dengan begitu kita bisa memilih tempat yang paling bagus berdasarkan review terbanyak.

Pencarian visual


Fungsi canggih kamera android lainnya adalah sebagai alat pencarian visual. Seperti yang ada dalam film film robot, kita bisa menggunakan kamera untuk mencari informasi tentang segala sesuatu yang kita potret. Caranya, install aplikasi Google Goggles. Setelah terpasang kita tinggal jalankan aplikasi dan mengarahkan kamera pada objek. Dalam sekejap Google akan memberikan informasi terkait dengan objek tersebut.

Scanner


Tingginya resolusi kamera smartphone android ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemindaian terhadap dokumen cetak yang kemudian dapat kita konversi ke dokumen digital dalam bentuk word, text, atau pdf. Caranya, kita harus menginstall aplikasi OCR Instanly, kemudian potret dokumen yang ingin kita scan.

Membaca kode QR


Kode QR (Quick Responsive) merupakan gambar yang memuat info tentang sebuah produk. Kita dapat memanfaatkan kamera android sebagai pembaca kode QR sehingga dapat menemukan info lebih cepat. Caranya install terlebih dahulu aplikasi pembaca QR Code dan mengarahkan kamera pada kode tersebut.

Itulah beberapa fungsi kamera android yang mungkin belum anda ketahui. Dengan beragam aplikasi tambahan kita dapat memaksimalkan fungsi setiap fitur smartphone yang kita miliki. Selamat bereksperimen.

0 Response to "5 Fungsi Kamera Smartphone Android Yang Tersembunyi"

Post a Comment

wdcfawqafwef